Ketua KPU RI Pimpin Apel Akbar Kesiapan Pilkada dan Rapat Konsolidasi di Kendari

28
Ketua KPU RI Pimpin Apel Akbar Kesiapan Pilkada dan Rapat Konsolidasi di Kendari
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Mochammad Afifuddin, memimpin langsung Apel Akbar Kesiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di Eks Tugu MTQ, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (11/10/2024).

LENSATENGGARA.COM, KENDARI – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Mochammad Afifuddin, memimpin langsung Apel Akbar Kesiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di Eks Tugu MTQ, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (11/10/2024).

Acara ini dihadiri oleh jajaran KPU Sulawesi Tenggara, KPU Kabupaten/Kota, serta Adhoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada Serentak dari seluruh wilayah Sulawesi Tenggara. Selain itu, turut hadir Penjabat Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto, dan berbagai perwakilan forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda).

Ketua KPU RI Pimpin Apel Akbar Kesiapan Pilkada dan Rapat Konsolidasi di Kendari
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Mochammad Afifuddin

Dalam sambutannya, Mochammad Afifuddin menyampaikan bahwa apel akbar ini merupakan momentum penting, karena ini adalah pertama kalinya ia menghadiri kegiatan persiapan Pilkada di Kendari. Ia memberikan apresiasi tinggi atas upaya persiapan yang telah dilakukan oleh KPU Sulawesi Tenggara.

“Ini merupakan bagian dari usaha kita untuk menciptakan suasana yang meriah dalam Pilkada. Pilkada harus diselenggarakan dengan baik dan berintegritas. Dengan kurang lebih 50 hari lagi menuju Pilkada serentak, kita menghadapi tantangan besar dalam eksperimen Pemilu serentak di seluruh provinsi dan kabupaten/kota. Namun, saya yakin KPU mampu menyelenggarakannya dengan baik,” ujar Afifuddin.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Mochammad Afifuddin
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Mochammad Afifuddin bersama Ketua KPU Sulawesi Tenggara, Asril

Ia juga menekankan pentingnya kerja sama dari semua pihak demi kesuksesan Pilkada serentak ini, serta mengingatkan agar penyelenggara dan peserta pemilu tetap dekat satu sama lain. “Kedekatan ini yang harus dibangun. Warga yang belum tercatat sebagai pemilih segera laporkan sehingga 27 November mereka bisa menggunakan hak pilihnya di Sulawesi Tenggara,” tambahnya.

BACA JUGA :  KPU Sultra Gelar Bimtek Kampanye Pilkada Serentak 2024

Afifuddin juga menyoroti pentingnya menjaga suasana damai selama masa kampanye. Ia mengimbau agar kampanye lebih fokus pada adu visi dan misi, bukan saling menjatuhkan. “Harus menjual visi misi masing-masing biar pemilih yang memilih pilihannya,” pungkasnya.

Ketua KPU RI Pimpin Apel Akbar Kesiapan Pilkada dan Rapat Konsolidasi di Kendari
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Mochammad Afifuddin

Setelah apel akbar, malam harinya dilanjutkan dengan Rapat Konsolidasi Daerah Kesiapan Pilkada Serentak 2024. Rapat ini dijadwalkan berlangsung selama tiga hari, dari 11 hingga 13 Oktober 2024.

Ketua KPU Sulawesi Tenggara, Asril, menyampaikan sambutannya dengan mengucapkan selamat datang kepada Ketua KPU RI dan rombongan. Ia menjelaskan bahwa momentum ini sudah lama direncanakan, dan kedatangan Ketua KPU RI merupakan kehormatan bagi KPU Sulawesi Tenggara.

Ketua KPU RI Pimpin Apel Akbar Kesiapan Pilkada dan Rapat Konsolidasi di Kendari
Ketua KPU Sulawesi Tenggara, Asril

Asril juga memberikan gambaran mengenai perkembangan tahapan Pilkada yang sudah dilaksanakan. “Di tanggal 22 September kami sudah tetapkan Daftar Pemilih Tetap sebanyak 1.876.792 tersebar di 4.611 TPS. Kemudian kaminl juga sesuai amanat PKPU bahwa tahapan untuk menetapkan bakal calon menjadi calon gubenur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil walikota sudah kita tetapkan 62 pasangan, calon 4 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dan 58 pasangan calon bupati wakil bupati dan 8 calon wali kota dan wakil walikota,” jelas Asril.

BACA JUGA :  KPU Sultra Hadirkan Artis Ibu Kota untuk Sosialisasi Tahapan Pilgub Sultra 2024

Penjabat Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada 2.093 anggota PPK yang hadir dari seluruh wilayah Sultra. Ia juga menyampaikan apresiasi terhadap kinerja jajaran KPU Sultra yang telah melaksanakan 18 tahapan Pilkada dengan baik.

“Saya menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi kepada rekan-rekan jajaran KPU Sultra sampai dengan lini terdepan kita sudah melaksanakan 18 tahapan. Sebut saja dari perencanaan program dan anggaran, termasuk pembentukan PPK dan PPS,”ujarnya.

Ketua KPU RI Pimpin Apel Akbar Kesiapan Pilkada dan Rapat Konsolidasi di Kendari
Penjabat Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto

Andap juga mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan bagi seluruh penyelenggara Pilkada agar dapat bekerja optimal demi mewujudkan Pilkada yang aman dan lancar. “Jaga kesehatan, sehingga kita bisa bekerja dengan optimal,” imbuhnya.

Selain rapat dan apel, acara ini juga dimeriahkan oleh kehadiran artis ibukota serta pelaksanaan Senam Sehat Pilkada sebagai bagian dari Apel Siaga. Rangkaian kegiatan Rapat Konsolidasi Daerah Kesiapan Pilkada Serentak 2024 ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk memastikan Pilkada di Sulawesi Tenggara berjalan dengan lancar dan damai. (*)